Mengenal Alter Ego: Karakter Lain dari Kepribadian Asli

Kata Alter Ego berasal dari bahasa latin yang artinya sisi lain atau sisi kedua. Alter ego adalah keadaan dimana seseorang memiliki dua atau lebih persona batin atau karakter yang berbeda dari karakter utamanya. Alter ego secara sadar dibentuk untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi dari karakter utama. Ini adalah "sisi lain" dari diri yang sering disembunyikan dari orang lain. Alter ego ini muncul saat menghadapi situasi yang membutuhkan sikap atau kepribadian yang berbeda.

Apa itu alter ego

Peran Alter Ego dalam Diri Seseorang

1. Pelarian dari Kebosanan

Beberapa orang mengembangkan alter ego sebagai cara untuk melarikan diri dari kebosanan sehingga dapat menjadi lebih kreatif dan mengeksplorasi berbagai sisi diri mereka dalam karakter alter ego mereka.

2. Pendukung Diri

Alter ego dapat membantu seseorang dalam menghadapi kesulitan atau ketidakpastian. Mereka mungkin merasa lebih berani atau percaya diri saat menghadapi tantangan.

3. Pengalaman Peran

Banyak aktor, penyanyi, atau penulis menggunakan alter ego untuk membuat karakter yang kuat dan menarik, seperti dalam dunia seni pertunjukan atau hiburan.

4. Pelampiasan Emosi

Alter ego adalah cara bagi sebagian orang untuk melampiaskan emosi yang tidak bisa mereka ungkapkan dalam kepribadian aslinya.

Kreativitas

Bagi sebagian orang, alter ego dapat menjadi sumber kreativitas yang kuat, memungkinkan mereka untuk mencoba ide-ide baru dan mencoba hal-hal baru.

Memahami alter ego dapat membantu seseorang lebih memahami diri mereka sendiri dan menjadi lebih kreatif dan berkembang. Namun, jika alter ego terlalu dominan dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Hindari self diagnose! Konsultasikan dengan ahli psikologis agar dapat membantumu mengatasi alter ego.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama