Perbedaan Alter Ego dan Kepribadian Ganda

Apakah kamu pernah merasa memiliki dua kepribadian atau dua cara berperilaku yang berbeda? Jika ya, bisa jadi kamu merujuk pada istilah alter ego atau kepribadian ganda. Meskipun terdengar serupa, kedua istilah ini sebenarnya berbeda.

Apakah alter ego dan kepribadian ganda itu sama?

Definisi yang Berbeda

Alter ego adalah karakter kepribadian kedua seseorang yang merupakan sisi yang berlawanan dengan kepribadian asli dan dibentuk secara sadar. Sedangkan kepribadian ganda adalah kondisi mental dimana seseorang memiliki dua atau lebih identitas yang berbeda dalam dirinya. Orang dengan kepribadian ganda selalu menyebut dirinya "kami".

Alter ego adalah sisi kepribadian yang dikembangkan secara sadar, sementara kepribadian ganda biasanya tidak disadari. Ini adalah perbedaan utama antara alter ego dan kepribadian ganda.

Penyebab yang Berbeda

Alter ego biasanya terbentuk sebagai respons terhadap tekanan atau trauma psikologis yang terjadi dalam hidup seseorang. Sedangkan kepribadian ganda dapat terbentuk akibat trauma berat, gangguan mental atau kondisi psikologis tertentu.

Cara Kerja yang Berbeda

Orang-orang dengan alter ego mungkin merasa memiliki dua kepribadian yang berbeda dalam berbagai situasi. Alter ego muncul karena ada karakter yang tidak bisa terealisasikan oleh kepribadian asli seseorang.

Sedangkan kepribadian ganda menunjukkan perilaku yang terorganisir dan muncul sebagai reaksi terhadap situasi traumatis atau tertekan.

Efek yang Berbeda pada Kepribadian

Kepribadian alter ego

Alter ego dapat memengaruhi kepribadian seseorang dengan mengubah cara mereka bertindak dalam situasi tertentu dan dapat memberi manfaat pada kepribadiannya. Sedangkan pada kepribadian ganda, Saat identitas lain mengambil alih tubuh dan memegang kendali seutuhnya, identitas lain tidak akan dapat mengacaunya dan akan mengubah semua identitasnya, termasuk kebiasaan, cara berbicara, gaya, atau bahkan gender. Setelah kembali ke identitas aslinya, identitas lain tidak akan dapat mengingat apa yang dilakukannya saat diambil alih.

Pengaruh Alter Ego dan Kepribadian Ganda

Alter ego dapat memberi seseorang rasa percaya diri dan keberanian dalam beberapa situasi, tetapi dapat mengganggu bahkan merugikan jika alter ego menjadi terlalu dominan. 

Sementara itu, kepribadian ganda dapat membantu seseorang menghadapi situasi yang sulit karena kondisi mentalnya. Namun, jika terlalu ekstrim dan tidak seimbang, itu akan berdampak negatif pada kehidupan seseorang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama