Trust Issue: Peran Empati dalam Membangun Kepercayaan

Setiap orang pasti sudah mengetahui apa itu trust issue. Dimana permasalahan trust issue ini sudah menjadi familiar di kalangan masyarakat. 

Apa itu Trust Issue

Apa arti trust issue

Trust issue atau masalah kepercayaan, adalah  ketidakmampuan atau kesulitan seseorang untuk mempercayai orang lain atau situasi tertentu. Trust issue dapat merusak hubungan yang harmonis dan mempengaruhi pola interaksi manusia. Bahkan jika dibiarkan akan menjadi fatal. 

Kepercayaan adalah dasar dari semua hubungan, baik individu maupun kelompok. Ibaratkan sebuah lem yang menjaga semua hal tetap bersatu. Dengan kepercayaan, segala hal akan menjadi mudah. Semua orang harus berusaha untuk membangun dan mempertahankan sebuah kepercayaan. 

Lalu, Apa Hubungannya engan Empati

Empati adalah ikut merasakan perasaan orang lain. Yang dimana empati ini merupakan salah satu peran penting untuk membangun kepercayaan. Dalam membangun kepercayaan, memahami perspektif orang lain sangatlah penting. Ini bukan berarti seperti berpura-pura mengerti sambil memikirkan cara melarikan diri. Tetapi, benar-benar masuk ke dalam perasaan mereka dan mencoba melihat dari perspektif mereka. 

Tidak hanya itu, menunjukkan dukungan dan kasih sayang sama pentingnya. Bayangkan seseorang menumpahkan perasaannya kepadamu, dan satu-satunya hal yang kamu lakukan hanyalah menepuk punggungnya. Pilihan itu bukan yang terbaik. Sebaiknya, coba memberi orang telinga yang siap mendengar, tisu jika diperlukan, dan mungkin juga mengatakan, "Aku di sini untukmu, kawan!" Hal-hal kecil seperti itu dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Cara mengatasi trust issue dengan empati

Dan jangan lupa bahwa komunikasi empatik juga penting. Komunikasi empatik adalah komunikasi dengan menyampaikan perasaan dan pikiran dengan kepedulian dan perhatian kepada orang yang diajak komunikasi. 

Trust issue dapat menjadi masalah yang rumit jika terus dibiarkan. Pemahaman, kasih sayang, dan komunikasi empatik adalah tiga komponen penting untuk membangun sebuah kepercayaan. Jangan mengabaikan peran empati dalam membangun kepercayaan. 

Menunjukkan belas kasih dan dukungan, memahami sudut pandang orang lain, dan berkomunikasi dengan empati dapat sangat bermanfaat. Ingatlah bahwa kepercayaan sangat penting dan dapat menghasilkan hubungan yang kuat dan bertahan lama jika dijaga dengan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama