Jenis-Jenis PTSD yang Perlu Diketahui

Jenis jenis stres pasca-trauma

PTSD adalah gangguan kecemasan yang terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis dan gangguan ini bisa berefek ringan atau cukup intens tergantung pada tingkat keparahan peristiwa yang dialami. Pada kondisi ini memiliki tipe yang berbeda sesuai dengan gejala yang dirasakan.

Berikut ini jenis jenis Post Traumatic Stress Disorder yang perlu diketahui:

1. Normal Stress Response

Jenis normal stress response terjadi ketika orang dewasa mengalami suatu peristiwa yang mengganggu seluruh hidupnya. Pada PTSD jenis ini, sulit menemukan emosi dan merasa putus asa sehingga sulit untuk mempertahankan dan membentuk hubungan dengan orang lain. Namun, normal stress response bisa sembuh dalam beberapa minggu.

2. Comorbid PTSD

Ketika seseorang mengalami comorbid PTSD, mereka biasanya didiagnosis memiliki gangguan kejiwaan lain seperti depresi. Comorbid PTSD selalu tumpang tindih dengan depresi. Misalnya seorang veteran perang yang mempunyai trauma terhadap kejadian mengerikan saat berperang.

3. Acute Stress Disorder

Ketika seseorang mengidap acute stress disorder, mereka mungkin melupakan hal-hal yang tidak wajar dan sering mengganggu aktivitas sehari-hari mereka seperti pekerjaan, tidur, dan kebiasaan merawat diri. 

Gangguan ini dipicu ketika seseorang mengalami beban berat secara tiba-tiba seperti kehilangan orang yang dicintai atau mengalami bencana alam.

4. Uncomplicated PTSD

Jenis PTSD ini menyebabkan seseorang mengalami peristiwa traumatis secara berulang-ulang yang membuat mereka memilih menghindari situasi yang serupa dari penyebab trauma. Misalnya korban kekerasan seksual yang menghindari untuk membangun hubungan.

5. Complex PTSD

Complex PTSD atau dikenal dengan gangguan stress ekstrim terjadi pada seseorang yang telah mengalami peristiwa traumatis untuk jangka waktu yang lama. Misalnya pelecehan di masa kanak-kanak baik secara verbal, fisik, atau seksual. Orang dengan gangguan ini sering didiagnosis memiliki gangguan kepribadian antisosial atau gangguan disosiatif.

Apakah kamu sedang berjuang melawan PTSD? Setelah bertahun-tahun melaluinya. Atau memiliki luka emosional? Semua yang kamu alami hingga saat ini layak diperjuangkan.

Hindari self diagnose. Diperlukan penanganan lebih lanjut oleh psikolog atau psikiater profesional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama