Tips Mengatasi Overthinking, Kenali Pikiranmu

Ilustrasi

Hai, guys!

How are you feeling?

Are you okay?

Ngomongin soal "overthinking", itu tuh kayak ketika kita ngeluarin kerja otak kita secara berlebihan. Kita mikirin setiap detail dan kemungkinan dari suatu situasi sampe berpusing-pusing. 

Kita terlalu banyak mikir tentang sesuatu sampe kepala rasanya kayak penggal penggal. Mau itu masalah percintaan, pertemanan, keluarga, kerjaan, nah itu yang namanya overthinking guys!

Baca Juga Mengenal Burnout Terlalu Gas Akhirnya Kebakar

Wajar gak sih overthinking? Kan setiap orang juga pasti pernah ngalamin.

Setiap orang pasti pernah ada di posisi dimana dia merasa kepikiran tentang suatu hal. Ya itu memang wajar. Tapi kalau secara berlebihan dan sering itu udah gak wajar lah karena gak baik juga buat otak kita.

Ilustrasi Overthinking
Overthinking atau berpikir secara berlebihan adalah asumsi diri kita terhadap sesuatu yang sudah terjadi maupun sesuatu yang kita pun gatau bakal kayak gimana. Bisa jadi kamu memikirkan tentang hal yang udah terjadi di masa lalu. Misalnya kamu merasa malu, kesal atau apapun bentuk perasaan itu karena mikiran hal yang udah terjadi. Itu kayak sinyal dari otak kalau ada masalah yang belum kamu terima atau sulit mengatasinya di masa lalu. 

Atau bisa jadi kejadian yang akan kamu jalani di masa depan. Kita berpikir terlalu jauh, terlalu cemas dan khawatir karena takut gak bisa mengatasi masalah di masa depan tersebut, padahal kita juga belum tau kejadian apa aja yang bakal dialami . 

Overthinking tuh gak cuma bikin kepala pusing, tapi juga bisa bikin kita jadi stres, cemas, dan nggak produktif. Kita jadi gak bisa fokus sama hal lain dan malah kebanyakan pikir. Karena gak semua hal bisa kita kontrol. 

Terus gimana caranya biar gak overthinking? 

Pertama, cobain deh jaga pikiran kamu agar tetap positif dan realistis. Jangan kebanyakan mutusin kesimpulan negatif atau berlebihan dari situasi. 

Kedua, coba atur waktu buat mikir. Kamu bisa schedule waktu spesial buat mikirin masalah atau kecemasan kamu, tapi sisanya kamu harus bisa buang jauh-jauh dan fokus sama aktivitas lainnya. 

Terakhir, penting banget buat kamu ngasih tau diri sendiri bahwa gak ada gunanya overthinking. Kebanyakan mikir justru bikin masalah tambah rumit. Jadi, relax aja! Hidup ini harus dinikmati, jangan terlalu banyak mikir ntar jadi stress. Keep it cool dan jadi diri kamu yang asik. Semangat!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama