Mental Illnes (Gangguan Mental): Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Mental illnes atau dikenal dengan gangguan mental, adalah kondisi yang mempengaruhi pikiran, suasana hati, dan perilaku seseorang. Meskipun gangguan mental umum terjadi di seluruh dunia, stigma dan kurangnya pemahaman seringkali menghalangi penderita mendapatkan perhatian, diagnosis, dan perawatan yang diperlukan.

apa itu Mental illnes

Beberapa Jenis Penyakit Mental

Gangguan kecemasan

Termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, dan gangguan stres pascatrauma. Gejalanya termasuk kekhawatiran berlebihan, serangan panik, ketegangan otot, dan kesulitan berinteraksi sosial.

Depresi

gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang tidak berhenti, hilangnya minat atau kegairahan, perubahan dalam pola tidur dan makan, kelelahan, dan pikiran tentang bunuh diri.

Bipolar

Gangguan yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang luar biasa, seperti episode mania yang intens dan depresi yang mendalam.

Skizofrenia

gangguan mental serius yang mempengaruhi cara seseorang berpikir, melihat, dan berperilaku. Gejalanya termasuk delusi, halusinasi, dan penurunan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Gejala-gejala Mental Illnes

Gejala mental illnes

Kehilangan minat dan energi, serta perubahan mood yang tiba-tiba, adalah gejala umum penyakit mental. kamu yang biasanya suka melakukan hobimu tiba-tiba tidak lagi tertarik dan tidak lagi memiliki keinginan untuk melakukannya. Apa yang akan kamu lakukan? Mungkin kamu akan memilih untuk menonton tidur-tiduran dan berharap masalah Anda akan selesai sendiri. Namun, sayangnya, itu tidak akan membantu dalam pengobatan gangguan mentalmu.

Masalah tidur adalah masalah umum bagi orang dengan masalah mental. Kamu ingin tidur dan terbangun setiap saat.

Terakhir, pikiran yang tidak teratur juga dapat merupakan gejala penyakit mental. Kamu hanya ingin pikiranmu lebih teratur, tenang, dan tidak bingung.

jika kamu sering mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba, kehilangan minat dan energi, gangguan tidur, atau pikiran yang tidak teratur, berhati-hatilah. Ini mungkin merupakan indikasi bahwa kamu memiliki masalah kesehatan mental yang perlu ditangani.

Faktor Penyebab Mental Illnes

Faktor dari penyebab gangguan mental diantaranya faktor genetik, Tekanan dari pekerjaan, hubungan, atau bahkan kehidupan sosial yang terlalu aktif, dan pengalaman buruk.

Cara Mengatasi Mental Illnes

1. Konseling dan terapi

Konseling bisa membantu kamu menyortir perasaan, memahami akar masalah, dan menemukan solusi yang tepat.

2. Bantuan obat-obatan

Obat berperan penting dalam membantu orang yang menderita penyakit mental. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis dan jenis obat yang tepat.

3. Pendekatan terapi alternatif

pendekatan alternatif yang bisa kamu coba adalah yoga, meditasi, atau seni terapi. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Psychological Reactance atau Reaktansi Psikologi

Berlomba-lomba dalam Kesusahan - Suffering Olympic

Memahami Halo Effect - Efek Kesan Pertama